SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Tingkatkan Penggunaan Bahan Baku Lokal, DKUMKMP Selenggarakan Pelatihan Pengolahan Aneka Usaha IKM

Thursday - 01 Agustus 2019 - Dibaca: 143 kali

Balikpapan - Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan baru saja menyelenggarakan Pelatihan Pengolahan Aneka Usaha IKM yang berlangsung selama 5 (lima) hari, yaitu dari tanggal 25 s/d 31 Juli 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang. Sasaran peserta tidak hanya dari unsur PKK di beberapa kelurahan, namun juga dari difabel dan Keluarga Pra Sejahtera di Kota Balikpapan.

Pelatihan ini bertujuan untuk menumbuhkan industri dalam rangka meningkatkan wirausaha baru, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Balikpapan, meningkatkan keterampilan pelaku wirausaha baru, memanfaatkan / meningkatkan penggunaan bahan baku lokal, serta mencari dan menambah produk unggulan khas Balikpapan.

Selama 2 hari berturut-turut, tepatnya pada tanggal 25 s/d 26 Juli 2019, kegiatan Pelatihan Aneka Usaha dilaksanakan di rumah produksi "Rumah Kue Brownies" (M. Sutoyo Gunung Malang) dengan narasumber Ibu Dewi Angraeni (pelaku usaha). Pada tanggal 25 Juli 2019 Pelatihan Aneka Usaha pengolahan makanan berbahan baku singkong diikuti oleh difabel Kota Balikpapan yang dimotori oleh Bapak Agus Sudarmanto selaku koordinator peserta, sedangkan di hari berikutnya diikuti oleh PKK Kelurahan Gunungsari Ulu dan Kelurahan Karangrejo dengan olahan buah naga.

Kegiatan pelatihan dilanjutkan pada tanggal 29 Juli 2019 bertempat di TPI Manggar Baru dengan peserta dari UPPKS Kelurahan Lamaru yang dipandu oleh Ibu Sri Astuty selaku narasumber dalam hal pengolahan makanan berbahan baku ikan.

Keluarga Pra Sejahtera serta PKK dari Kelurahan Mekar Sari dan Kelurahan Batu Ampar berkesempatan mengikuti pelatihan aneka usaha pengolahan makanan masing-masing berbahan baku buah pepaya dan buah nenas pada tanggal 30 s/d 31 Juli 2019 yang bertempat di Cake SalaKilo (Pasar Buton) dengan narasumber Ibu Sri Wahyuni.

 

                                                    

                                                      

                                                     

                                                     

                                                      

 

Kegiatan ini diharapkan dapat terus berjalan secara berkesinambungan di tahun-tahun berikutnya sesuai dengan target yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kota Balikpapan / Renstra DKUMKMP hingga periode 2021 dan terdapat pendampingan pasca pelatihan dari dinas terkait serta pemberian sarana dan prasarana (teknologi, mesin-mesin / peralatan lainnya) sehingga target pertumbuhan industri dapat tercapai.

Copyright © 2014 - DINAS KOPERASI UMKM DAN PERINDUSTRIAN
Jl.Ruhui Rahayu I No.7 Balikpapan - Kalimantan Timur
Telp. 0542-8879235 Fax: 0542-8879235
0